Contoh Pidato akademik

 

                                                             

                                  Contoh Pidato akademik 



                                                               Evis Yoman,S.Pd

 

Yang terhormat  Kepala  LLDIKTI Wilayah IV;bapak/Ibu................

Yang kami hormati Bapak Prof. Yohanes Surya, Ph.D selaku pendiri surya institut

Yang kami hormati Ibu Dr. Nanncy Susiana, M.Pd sebagai ketua STKIP surya

Yang kami hormati Bapak dan Ibu ketua program studi dan para dosen serta sivitas di STKIP Surya

Yang saya bangahkan para wisudahwan/wati,orang tua, dan tamu undangan yagn berbahagia. 

Selamat pagi dan Salam sejahtera bagi kita semua.

Nama Saya Evis Yoman dari program studi pendidikan kimia. Ijinkanlah saya sampaikan  sambutan mewakili rekan-rekan wisudawan/wati  di hari yang berbahagia ini.

 

Bapak dan Ibu, Hadirin yang saya hormati,

Hari ini merupakan hari bersejarah bagi kami wisudawan/wati karena telah berada pada fase kegiatan prosesi wisuda ini, bertanda bahwa, kami mampu melewati banyak tantangan dan proses yang begitu keras yang sesunguhnya membentuk kami memjadi pribadi yang berbeda sebelum kami bergabung menjadi keluarga besar  di STKIP Surya.

 

Atmosfer di lingungan STKIP Surya penuh dengan beragam warna dilihat dari  asal mahasiswa yang berbeda-beda dalam budaya dan kebiasaan serta terjadi percakapan dengan dialek bahasa indonesia beda-beda dan unik namun bersatu dalam semangat pendidikan yang membebaskan orang dari ketertingalan dan masalah soasial lainya, ini adalah wujud kecil dari slogan bineka tunggal ika.   

 

Bapak dan Ibu, Hadirin yang saya hormati,

Masalah mendasar di bangsa Indonesia adalah pemerataan pendidikan di daerah, oleh karena itu Surya institut telah hadir menjadi memperpanjang tangan pemerintah dalam memajukan Pendidikan dengan  visi “Menjadi institusi pendidikan terdepan yang menghasilkan tenaga pendidik unggul dan berkualitas di bidang pendidikan, sains, dan teknologi menuju Indonesia jaya pada tahun 2030”. Dalam  hal ini beberapa Daerah di indonesia yang telah bekerja sama dengan STKIP Surya guna mencetak guru guru yang memiliki kemampuan pedagogik, intelektual dan mampu menerapkan metode GaSinG.

 

Dari sekian banyaknya tenaga pendidik diluar sana, wisudawan/ Wati dari STKIPsurya adalah memiliki ciri khas yaitu guru guru yang mampu melakukan pembelajaran mengunakan Metode gampang, asyik dan menyenangkan (GaSinG), dengan begitu dapat tercipta suasana belajar yang membawa perubahan.

Untuk melakukan perubahan itu, maka kami(wisudawan/wati) menyadari sesungguhnya hari ini merupakan hari dimana kami memikul beban besar ada di pundak kami untuk menerangi Negeri dan Generasi yang sedang menunggu dan akan bercahaya di kemudian hari.

 

Saya  ingin menyampaikan permohonan maaf kami yang tulus dan dalam  kepada para pengajar dan segenap civitas akademika STKIP Surya atas segala kesalahan, kekhilafan dan kekurangan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja selama kami belajar, bergaul, dan berinteraksi di sini.

Saya juga ingin berterimakasih atas pengorbanan dalam bentuk: Doa, daya, dana, dan  energi serta waktu bapa dan ibu para dosen dan sivitas akademika lingkungan di STKIPsurya untuk mencetak kami(wisudawan/wati) selama beberapa tahun, dengan penuh kasih sayang, bertangungjawab  dan manusiawi, teruslah menginspirasi anak-anak bangsa karena itu, kami ucapkan rasa terimakasih yang amat sangat dalam dalam mengunakan bahasa lani, wa...wa...wa...wa...wa.

 

Hadirin yang saya hormati,

Harapan dan doa kami, kampus STKIP Surya ke depan dapat mencetak guru-guru yang baik, unggul dan profesional lebih banyak lagi sesuai dengan motto STKIP Surya “A GREAT TEACHER BEGINS WITH A GOOD TEACHERS”.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih.

Selamat siang.

 

Komentar