Media Pembelajaran: Susun Yonda Koloid ( S.Y. K )


HMPK-Rhazes Journal Of Media Education
Vol.1 no2PenaYonda. April 2020


           
Media Pembelajaran Sistem Koloid

    gambar produk media pembelajaran S.Y.K    

 

Evis Yoman

Jurusan Pendidikan Kimia Stkipsurya

Hp:081381682791,,email:penayonda2644@gmail.com

 

Tangerang 2o21


BAGIAN PERTAMA:  PENDAHULUAN 

A. Latar Masalah 

Penelitian ini dibuat dengan semangat menyelasaikan salah satu tugas pribadi tentang mata kuliah media pembelajaran yang di bimbing oleh Mira Rosalina S.Pd,. M.T selaku dosen. Pembelajaran ini dimulai pada 12 april 2021. Setelah mengadakan penjanjian kontrak matkul, kami( saya dan teman kelas) diberi tugas untuk mencari tiga buah ide pembuatan media pembelajaran yang mudah,murah,kreatif,dan inofatif. Untuk bahan bisa dibuat dari kertas,triplek,plastik,akrilik dll.Dengan format nama media, materi yang akan digunakan pada media,alat bahan yang diperlukan. Lalu penulis tertarik memilih Nama Susun Yonda Koloid ( S.Y.K).

B. Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 

Apa itu media pembelajaran? 

Bagaimana mencari alat dan bahan yang mudah,murah,kreatif dan inofatif?

Bagaimana pembuatan media?

Bagimana cara mengunakan media? 

C. Tujuann penelitian

 Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah :

Mengetahui definisi media pembelajaran. 

Menemukan alat dan bahan yang mudah,murah,kreatif dan inovatif.

Membuat media pembelajaran

Mengunakan media pembelajaran 

D. Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :

  1.  Guru yaitu sebagai contoh untuk mengembangkan media pembelajaran pada konsep kimia lainnya dan membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
  2. Sekolah yaitu sebagai contoh untuk meningkatkan mutuh isi,masukan,proses,hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah. 
  3. Peneliti lainya yaitu sebagai contoh meningkatkan hubungan kerjasama antar tim. 
  4. Mahasiswa yaitu sebagai referensi untuk saat melaksanakan pembelajaran.


 BAGIAN KEDUA: PEMBAHASAN MEDIA PEMBELAJARAN 

A. Definisi Media Pembelajaran

  Media merupakan jambatan atau prantara informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, (Vanya Karunia Mulia, 2021).  Sedangkan pembelajaran adalah seuatu interaksi antara peserta didik dengan pendidik serta sumber belajar yang terlibat didalamnya yang didukung oleh lingkungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran adalah dukungan sumber belajar dan lingkungan yang memungkinkan terjadinya interaksi(belajar,mengajar) sama dengan pembelajaran.

B. Alat dan Bahan 

Alat dan bahan merupakan suatu komponen yang saling berkaitan untuk membentuk sebuah media pembelajaran sebagai hasil atau produk. Pentingnya pembuatan media adalah membantu siswa dalam mendapatkan pembelajaran yang bermakna,sebagai alat komunikasi, memudahkan siswa memahami sesuatu yang abtrak menjadi kongkrit,mengatasi keterbatasan ruang,waktu,dan daya indra.

  b.1 Tabel alat dan bahan

           Komponen: Mama alat dan bahan, fungsi, biaya, ketersediaan, serta keterangan.

 

C. Tahap Persiapan

 Pada tahap ini mengumpulkan atau memperkaya informasi dengan belajar di kelas media pembelajaran, membaca,menonton,dan bertanya sebagai literasi.

D. Menentukan Ide 

                   Dari 3 ide saya pilih ide pertama

Di tahap ini saya sudah tentukan 3 ide yaitu pertama kartu yonda redok kedua Susun Yonda koloid, ketiga papan mekanika kuantum. Lengkapi alat dan bahan yang diperlukan Tahap ini penulis akan siapkan semua komponen yang diperlukan seperti mendesain papan utama, dan susun yonda koloid.kemudian mencetak hasil desain dan mengunting. Setelah itu siap membuat medianya.

 E. Menciptakan 

Gantungkan kain satin sebagai bahan dasar yang sudah diukur setelah itu proses menjahit sesuai desain.(seperti gambar desain di akhir).

F. Cara Mengunakan Susun Yonda Koloid

                    Materi jenis koloid

 Media ini akan digunakan pada materi kimia kelas XI yaitu jenis-jenis Koloid.

 1. Funsi simbol 


Kotak segi 4 sebagai mewakili fase/wujud. Warna menujnjukan jenis fase yaitu kuning mewakili padat(solid),abu-abu menunjukan fase cair(liquid), dan biru mewakili fase gass. Perbedaan warna pada kotak segi 4 menunjukan arah vertikal dan horinzontal. Warna shape fill adalah vertikal dan warna text fill adalah horinzontal. 

2. Cara main 

Guru mengantungkan media di depan kelas, siswa dibagi dalam empat kelompok terdiri dari 3-5 orang, masing-masing kelompok mendapatkan 5 buah S.Y.K. kelompok lain atau misal kelompok A menyebutkan nama jenis kolid Kelompok B sebutkan face terdispersi dan kelompok C sebutkan fase pendispersi maka kelompok D mengisi contoh koloidnya. Hal ini saya sebut metode berangkai dan sangat menyenangkan dan aktif semua siswa.

3. Pola main 

Berurutan contoh:

 A,B,C,D,

 B.C.D.A

 C.D.A.B.

 D,A,B,C 

Acak contoh

A, C,B,D

B,D,A,C

 A,D,B,C

 C,B D,A 

G. Indikator penilaian

 Indikator yang akan dinilai sebagai berikut :

1.Kerja sama (team work)

2. Keaktifan

4. komunikasi

5. Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi

BAGIAN KETIGA: PENUTUP

A. Kesimpulan

Penulis percaya pembuatan media ini dipusatkan kepada siswa (student center) . membantu siswa dalam mendapatkan pembelajaran yang bermakna,sebagai alat Tranfer, komunikasi, memudahkan siswa memahami sesuatu yang abtrak menjadi kongkrit,mengatasi keterbatasan ruang,waktu,dan daya indra.dan menghidupkan nilai nilai kerja sama,keaktifan mudah dan menyenangkan. 

B. Saran 

Penulis merekomendasikan media ini dugunakan dengan model koperatif tipe jigsaw karena cara main/mengunakannya memiliki keterkaitan dengan karakterristik model jigsaw. Demi kesempurnaan dan inovasi maka penulis sangat terbuka untuk menerima masukan, kritik dan saran dari berbagai pihak.

fallaw my media social; 

Web. yondalani.com

blog. https://sociabuzz.com/evis/post/24780

facebook: yonda

instagram: yonda-officer

Komentar

Postingan Populer