Media Pembelajaran: Susun Yonda Koloid ( S.Y. K )
HMPK-Rhazes Journal Of Media
Education
Vol.1 no2PenaYonda. April 2020
Evis Yoman
Jurusan Pendidikan Kimia Stkipsurya
Hp:081381682791,,email:penayonda2644@gmail.com
Tangerang 2o21
BAGIAN PERTAMA: PENDAHULUAN
A. Latar Masalah
Penelitian ini dibuat dengan semangat menyelasaikan
salah satu tugas pribadi tentang mata kuliah media pembelajaran yang di bimbing
oleh Mira Rosalina S.Pd,. M.T selaku dosen. Pembelajaran ini dimulai pada 12
april 2021. Setelah mengadakan penjanjian kontrak matkul, kami( saya dan teman
kelas) diberi tugas untuk mencari tiga buah ide pembuatan media pembelajaran
yang mudah,murah,kreatif,dan inofatif. Untuk bahan bisa dibuat dari
kertas,triplek,plastik,akrilik dll.Dengan format nama media, materi yang akan digunakan
pada media,alat bahan yang diperlukan. Lalu penulis tertarik memilih Nama Susun
Yonda Koloid ( S.Y.K).
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar masalah di atas, maka rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah:
Apa itu media pembelajaran?
Bagaimana mencari alat dan bahan yang
mudah,murah,kreatif dan inofatif?
Bagaimana pembuatan media?
Bagimana cara mengunakan media?
C. Tujuann penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan
penelitian ini adalah :
Mengetahui definisi media pembelajaran.
Menemukan alat dan bahan yang mudah,murah,kreatif dan
inovatif.
Membuat media pembelajaran
Mengunakan media pembelajaran
D. Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
- Guru yaitu sebagai contoh untuk mengembangkan media pembelajaran pada konsep kimia lainnya dan membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
- Sekolah yaitu sebagai contoh untuk meningkatkan mutuh isi,masukan,proses,hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
- Peneliti lainya yaitu sebagai contoh meningkatkan hubungan kerjasama antar tim.
- Mahasiswa yaitu sebagai referensi untuk saat melaksanakan pembelajaran.
BAGIAN KEDUA: PEMBAHASAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Definisi Media Pembelajaran
Media merupakan jambatan atau prantara
informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, (Vanya Karunia Mulia,
2021). Sedangkan pembelajaran adalah seuatu interaksi antara peserta
didik dengan pendidik serta sumber belajar yang terlibat didalamnya yang
didukung oleh lingkungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran
adalah dukungan sumber belajar dan lingkungan yang memungkinkan terjadinya
interaksi(belajar,mengajar) sama dengan pembelajaran.
B. Alat dan Bahan
Alat dan bahan merupakan suatu komponen yang saling berkaitan untuk membentuk sebuah media pembelajaran sebagai hasil atau produk. Pentingnya pembuatan media adalah membantu siswa dalam mendapatkan pembelajaran yang bermakna,sebagai alat komunikasi, memudahkan siswa memahami sesuatu yang abtrak menjadi kongkrit,mengatasi keterbatasan ruang,waktu,dan daya indra.
b.1 Tabel alat dan bahan
Komponen: Mama alat dan bahan, fungsi, biaya, ketersediaan, serta keterangan.
C. Tahap Persiapan
Pada tahap ini mengumpulkan atau memperkaya informasi dengan belajar di kelas media pembelajaran, membaca,menonton,dan bertanya sebagai literasi.
D. Menentukan Ide
Dari 3 ide saya pilih ide pertama
Di tahap ini saya sudah tentukan 3 ide yaitu pertama kartu yonda redok kedua Susun Yonda koloid, ketiga papan mekanika kuantum. Lengkapi alat dan bahan yang diperlukan Tahap ini penulis akan siapkan semua komponen yang diperlukan seperti mendesain papan utama, dan susun yonda koloid.kemudian mencetak hasil desain dan mengunting. Setelah itu siap membuat medianya.
E. Menciptakan
Gantungkan kain satin sebagai bahan dasar yang sudah diukur setelah itu proses menjahit sesuai desain.(seperti gambar desain di akhir).
F. Cara Mengunakan Susun Yonda Koloid
Materi jenis koloid
Media ini akan digunakan pada materi kimia kelas
XI yaitu jenis-jenis Koloid.
1. Funsi simbol
Kotak segi 4 sebagai mewakili fase/wujud. Warna menujnjukan jenis fase yaitu kuning mewakili padat(solid),abu-abu menunjukan fase cair(liquid), dan biru mewakili fase gass. Perbedaan warna pada kotak segi 4 menunjukan arah vertikal dan horinzontal. Warna shape fill adalah vertikal dan warna text fill adalah horinzontal.
2. Cara main
Guru mengantungkan media di depan kelas, siswa dibagi dalam empat kelompok terdiri dari 3-5 orang, masing-masing kelompok mendapatkan 5 buah S.Y.K. kelompok lain atau misal kelompok A menyebutkan nama jenis kolid Kelompok B sebutkan face terdispersi dan kelompok C sebutkan fase pendispersi maka kelompok D mengisi contoh koloidnya. Hal ini saya sebut metode berangkai dan sangat menyenangkan dan aktif semua siswa.
3. Pola main
✓Berurutan contoh:
A,B,C,D,
B.C.D.A
C.D.A.B.
D,A,B,C
✓Acak contoh
A, C,B,D
B,D,A,C
A,D,B,C
C,B D,A
G. Indikator penilaian
Indikator yang akan dinilai sebagai berikut :
1.Kerja sama (team work)
2. Keaktifan
4. komunikasi
5. Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
BAGIAN KETIGA: PENUTUP
A. Kesimpulan
Penulis percaya pembuatan media ini dipusatkan kepada
siswa (student center) . membantu siswa dalam mendapatkan pembelajaran yang
bermakna,sebagai alat Tranfer, komunikasi, memudahkan siswa memahami sesuatu
yang abtrak menjadi kongkrit,mengatasi keterbatasan ruang,waktu,dan daya indra.dan menghidupkan nilai nilai kerja
sama,keaktifan mudah dan menyenangkan.
B. Saran
Penulis merekomendasikan media ini dugunakan dengan
model koperatif tipe jigsaw karena cara main/mengunakannya memiliki keterkaitan
dengan karakterristik model jigsaw. Demi kesempurnaan dan inovasi maka
penulis sangat terbuka untuk menerima masukan, kritik dan saran dari berbagai
pihak.
fallaw my media social;
Web. yondalani.com
blog. https://sociabuzz.com/evis/post/24780
facebook: yonda
instagram: yonda-officer
Komentar